Tips Bikin Rumah Ukuran Kecil Agar Terlihat Luas

Tips Bikin Rumah Ukuran Kecil Agar Terlihat Luas

Tips Bikin Rumah Ukuran Kecil Agar Terlihat Luas – Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan padat mengalami masalah yang sama sehubungan dengan tempat tinggal. Seringkali, masalah ini dibodohi dengan membeli atau membangun rumah kecil yang sesuai dengan anggaran sebagai tempat tinggal keluarga.

Membeli atau membangun rumah kecil benar-benar tidak menjadi masalah, terutama bagi orang muda yang baru saja memulai sebuah keluarga atau tinggal sendirian, memiliki rumah kecil dengan sedikit ruang tidak akan menjadi masalah. Lagi pula, dengan kapasitas ruang yang sangat terbatas, rumah kecil bisa besar, asalkan pemiliknya berhati-hati dan tahu bagaimana mengatur dengan baik interior rumah kecil.

Tips Bikin Rumah Ukuran Kecil Agar Terlihat Luas

Untuk menjawab masalah rumah kecil, sumber berita memiliki 10 trik untuk memaksimalkan ruang dan tanah di rumah kecil sehingga bisa terlihat lebih luas. Apa triknya? Apakah kamu penasaran? Maka, pertimbangkan artikel ini terlebih dahulu!

Tips Bikin Rumah Terlihat Luas

  • Warna cerah untuk dinding

Anda pasti pernah mendengar atau membaca banyak tentang bagaimana warna-warna cerah cat rumah membuat sebuah ruangan atau rumah kecil tampak lebih luas dan nyaman. Cara klasik ini bekerja secara efektif. Ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan menerapkan cat putih dan warna-warna cerah lainnya di sebuah ruangan atau rumah kecil.

Dengan warna-warna cerah, rumah mungil akan terasa lapang, segar dan cerah. Menerapkan cat gelap di ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi itu akan membuat rumah kecil lebih kecil. Alih-alih memantulkan cahaya, warna gelap cat menyerap sumber cahaya yang masuk, sebagai hasilnya, rumah terlihat suram.

  • Jangan menaruh furnitur terlalu mepet ke dinding

Sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang untuk menata furnitur, memindahkan furnitur ke dinding rumah adalah metode yang andal untuk menyediakan ruang bagi rumah-rumah kecil. Persepsi ini tidak sepenuhnya benar.

Jika Anda memiliki kursi tamu minimalis di ruang tamu kecil, geser kursi tamu sedikit dari dinding, sisakan ruang untuk bernafas, sehingga ketika cahaya masuk, bayangan akan muncul dari kursi tamu. Bayangan itu menciptakan ilusi persepsi ruang yang lebih besar di sebuah rumah kecil.

  • Gunakan cermin di dinding

Jika Anda mengunjungi restoran atau toko belanja dengan ruangan sempit, perhatikan dinding-dinding di sekitar ruangan. Pemilik toko menempatkan cermin di sekeliling ruangan untuk menciptakan kesan sebuah ruangan besar. Trik cermin ini juga bisa diterapkan pada rumah kecil.

Di ruangan yang cukup sempit, gantung beberapa cermin sedang berdampingan. Buat bingkai cermin dengan warna seragam untuk mempercantik dekorasi ruangan, untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya.

  • Furniture multifungsi sebagai solusinya

Menempatkan lemari kecil dan meja di ruang kecil di rumah kecil akan membuat rumah kecil terasa ramai dan sumpek. Mengapa tidak menggunakan lemari atau lemari multifungsi yang bisa digunakan sebagai lemari bersama? Saat ini, meja multifungsi tersedia secara luas di pasar dengan harga bervariasi.

Dengan menggunakan furniture multifungsi, Anda telah menghemat ruang di rumah kecil tempat Anda tinggal. Jika kamar tidur sempit dan Anda membutuhkan ruang tambahan untuk menyimpan peralatan, belilah kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat berfungsi sebagai lemari penyimpanan.

Ada juga meja kantor yang memiliki lemari penyimpanan, seperti meja anak-anak, tetapi Anda dapat menggunakan kapasitas penyimpanan untuk membuat rumah kecil Anda terasa besar.

  • Motif Karpet dengan pola

Jika Anda tidak memiliki karpet untuk rumah kecil dan berencana membeli karpet, belilah karpet dengan pola berulang kecil. Karpet dengan motif berulang kecil akan memberi kesan ruang yang lebih luas.

Letakkan karpet di bawah meja ruang tamu. Cukup gunakan karpet dengan motif berulang berbeda yang dicap pada furnitur lain di rumah kecil Anda, seperti di bawah tempat tidur, sofa, dan lemari. Ini adalah trik ilusi untuk membuat rumah kecil terlihat luas, tidak ramai dan terlihat cerah.

  • Furnitur dinding untuk TV

Jika ruang keluarga di rumah kecil Anda sempit, jangan ragu untuk meletakkan beberapa perangkat elektronik di dinding. Gantung TV di dinding, letakkan pemutar DVD, konsol game, atau speaker di dinding untuk meninggalkan ruang kosong di lantai.

  • Lantai Dengan Pola Strip

Pakaian dengan garis strip maupun vertikal akan membuat seseorang terlihat lebih tinggi dan garis horizontal akan membuat seseorang terlihat lebih luas. Terapkan ilusi mata ini ke rumah kecil Anda. Jika ruangan di rumah kecil Anda lebih luas, aplikasikan karpet atau lantai vertikal dengan cat untuk memberi kesan ruang lebih panjang dan sebaliknya.

  • Jendela dan Tirai Besar

Jendela-jendela besar akan memastikan bahwa intensitas pencahayaan matahari yang masuk memenuhi ruangan rumah kecil yang cukup untuk mengubah kesan rumah kecil di rumah yang luas, cerah dan terbuka.

Dengan bantuan gorden dan gorden besar dan tinggi, atap akan terlihat lebih tinggi dan rumah kecil Anda akan terlihat lebih luas secara vertikal.

Baca Juga Filosofi Rumah Limas di Indonesia

  • Hilangkan Pintu

Yang dimaksud dengan pintu pada saat ini bukanlah pintu utama rumah yang mengarah ke teras, melainkan pintu pemisah antara satu ruangan dan lainnya. Jika ruang keluarga dan ruang makan dipisahkan oleh pintu, Anda dapat memilih untuk melepas pintu dan menggantinya dengan pembatas ruang.

Agar koridor tidak terlihat kaku, sediakan dekorasi dan dekorasi untuk bingkai foto dan lukisan. Anda juga dapat menggunakan ruang kosong dengan menerapkan rak kayu di dinding sebagai rak buku atau area penyimpanan.

  • Hiasi langit-langit dengan stiker atau seni dinding

Mengapa langit-langit harus didekorasi dengan stiker dinding? Saat mendekorasi langit-langit, mata akan teralihkan untuk melihat ke atas dan menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi, sehingga rumah kecil Anda terlihat luas. Menggunakan prinsip ilusi perspektif untuk menciptakan kesan rumah kecil yang lebih besar itu efektif, lho!

Pengaturan dan pemilihan interior rumah kecil harus hati-hati agar tidak ramai. Karena itu, disarankan untuk memilih jenis furnitur dan warna tepat yang ingin Anda terapkan pada rumah kecil.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *